Literasi Dongeng

Dongeng Legenda

Siapa yang tidak suka mendengarkan dongeng, bahkan aneh ketika di masa kanak kanak kita tidak pernah mendengar dongeng dari orang tua di rumah maupun dari para guru di sekolah.

Media dongeng ini sangat familiar dikalangan orang tua, nenek moyang kita. Dalam dongeng terdapat nasehat nasehat bijak yang diselipkan disana, walaupun kadang cerita dalam dongeng adalah sebuah cerita yang mungkin terjadi mungkin juga hanya sebuah cerita menjelang tidur sebagai media orang tua kita dulu untuk menyampaikan nasehat-nasehat beliau.

Dalam berbagai sumber penulis mendapatkan beberapa pengertian tentang dongeng dan pembaca juga bisa memberikan rujukan yang lain tentang Pengertian Dongeng Legenda ini.

Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history).

Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi (penyimpangan) sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor (adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun-temurun, tetapi tidak dibukukan)

Menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia, Legenda adalah cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat. Contohnya: Sangkuriang, Batu Menangis, dan Legenda Pulau Giliraja, Legenda Asal Usul Kota Salatiga seperti dongeng yang akan disajikan oleh pustakawan cantik kita Bunda Ifo

Ayoo… like dan subscribe ya….

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Kutip_sumber_tulisan

 

Image result for wiji suwarno

Salam Literasi
Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga Wiji Suwarno, S.PdI, S.IPI.M.Hum.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *