Pelatihan Menulis Buku dan Artikel Ilmiah

Salatiga-Kamis (20/10), Perpustakaan UIN Salatiga menyelenggarakan Pelatihan Menulis Buku dan Artikel Ilmiah. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Gedung KH. Hasyim Asy’ari UIN Salatiga Kampus III yang dihadiri oleh pustakawan sekolah se-kota Salatiga. Pelatihan Menulis Buku dan Artikel Ilmiah mengundang narasumber dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. H. Muhsin Khalida, M.A., M.Pd. Beliau merupakan dosen dan juga pakar menulis yang karya-karyanya sudah tidak diragukan lagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan UIN Salatiga, Dr. Agus Waluyo. M.Ag. Beliau mengatakan bahwa apresiasi yang setinggi-tingginya bagi Perpustakaan UIN Salatiga yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Beliau juga mengatakan bahwa sebagai Kepala Perpustakaan UIN Salatiga, Dr. Wiji Suwarno, M.Hum. selalu menghadirkan inovasi guna meningkatkan kualitas dan kompetensi pustakawan.

Dr. H. Muhsin Khalida, M.A., M.Pd. menyampaikan materi tentang tips dalam menulis. Tips-tips yang disampaikan antara lain hadirkan ide dengan cepat dan tepat; jangan lupa untuk ciptakan suasana yang baik ketika menulis; jika sudah mendapat ide, segera tulis dan lakukan penyuntingan di akhir. Pemaparan materi diharapkan dapat memotivasi para pustakawan agar meningkatkan soft skill dalam hal kepenulisan sehingga para pustakawan dapat memberi citra diri dan menjadi pustakawan yang lebih berkualitas.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Ifonilla Yenianti, S.Pd.I., S.IPI., M.A. yang merupakan pustakawan UIN Salatiga. Materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana cara menulis artikel ilmiah sekaligus mempraktekkan menulis artikel ilmiah. Acara diakhiri dengan pengumpulan hasil karya tulis para peserta pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *