Kongres ke-XV Ikatan Pustakawan Indonesia

 

Surabaya-Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) menyelenggarakan acara Kongres ke-XV dan Seminar Ilmiah Nasional di Surabaya. Acara tersebut diadakan pada tanggal 1-4 November 2022. Tema yang diusung dalam acara Kongres ke-XV dan Seminar Ilmiah Nasional adalah “Peran Pustakawan dalam Ekosistem Digital Nasional”. Sebanyak 600 peserta hadir dalam acara ini dan peserta berasal dari seluruh Indonesia, salah satunya dari provinsi Jawa Tengah. Hadir perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah antara lain Itmamudin, M.IP, Ketua IPI Provinsi Jawa Tengah sekaligus pustakawan UIN Salatiga, Ifonilla Yenianti, S.Pd.I., S.IPI., M.A., Ketua IPI Kota Salatiga sekaligus pustakawan UIN Salatiga dan pengurus daerah provinsi Jawa Tengah.

Kongres ke-XV dan Seminar Ilmiah Nasional dibuka oleh Ketua Umum IPI, T. Syamsul Bahri. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa pustakawan harus berperan dalam meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan masyarakat saat ini seperti berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan membangun kerja sama dalam memecahkan masalah. Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga memberikan sambutan dan mengatakan bahwa tugas pustakawan tidaklah sederhana. Selain membuat masyarakat gemar membaca, tugas pustakawan juga mengedukasi untuk melakukan interaksi digital secara sopan. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando yang memberi pesan bahwa di masa sekarang ini perpustakaan harus bertransformasi dari manual ke digital.

Selain Kongres ke-XV, acara ini juga dirangkai dengan acara Seminar Ilmiah Nasional yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom, M.EngSc (Kepala Pusat Data dan Informasi, Perpustakaan Nasional RI), Gol A Gong (Duta Baca Indonesia), Heralda Syafira (Duta Baca Jawa Timur), Drs. Paso Deka Dewanto, M.Si (motivator), Prof. Dr. Dra. Rahma Sugihartati, M.Si (Universitas Airlangga). Acara diakhiri dengan terpilihnya kembali T. Syamsul Bahri sebagai Ketua Umum IPI Periode 2022-2025.

 

 

Perwakilan IPI Provinsi Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *